Home   >   Bisakah Cuci Kompartemen Mesin Mobil?

Tips

28 Mar 2022

Bisakah Cuci Kompartemen Mesin Mobil?

Memiliki kendaraan roda empat tidak hanya dapat dikendarai, tetapi juga membutuhkan perawatan. Menjaga kebersihan mobil adalah salah satu cara untuk menjaga performa mobil tetap maksimal.

Oleh karena itu, mobil juga harus dicuci sesekali agar tetap bersih. Namun, beberapa sebenarnya dilarang untuk mencuci mobil. Saat mencuci mobil, ruang mesin menjadi bagian dari kendaraan yang tidak boleh dicuci.

“Tidak aman, karena air bisa masuk ke socket wiring yang bisa menyebabkan short circuit,” kata Bambang Supriyadi, Executive Coordinator Technical Division Service PT Astra Daihatsu Motor (ADM) baru-baru ini.

Ada banyak komponen kelistrikan di dalam mesin mobil, yang merupakan bagian penting dari kendaraan. Jika komponen kelistrikan ini terkena air saat mencuci mobil, maka akan terjadi korsleting.

Hubungan pendek adalah hubungan pendek atau hubungan pendek dalam sistem kelistrikan. Hubungan pendek terjadi ketika aliran arus tidak sesuai dengan nilai resistor.

Kegagalan untuk mengaktifkan akan merusak komponen listrik. Bahkan menimbulkan lonjakan arus besar dan percikan api yang menyebabkan mobil terbakar dan meledak.

Karena itu, Bambang tidak menganjurkan mencuci bagian mesin mobil. Meski tujuannya untuk membersihkan, cara ini sangat tidak tepat.

Mesin mobil hanya boleh dibersihkan dengan kain lembab. Cara ini lebih aman tanpa mengganggu komponen kelistrikan mobil.

Selain itu, jangan membersihkan mesin mobil dengan mesin uap, karena akan banyak cipratan air. “Yang aman membersihkan ruang mesin menggunakan lap basah saja. Tidak perlu disemprot apalagi pakai steam,” tutup Bambang.

Rekomendasi Artikel: Rutin Spooring dan Balancing Tidak Efektif