Home   >   Rutin Spooring dan Balancing Tidak Efektif

Tips

25 Mar 2022

Rutin Spooring dan Balancing Tidak Efektif

Setir mobil merupakan salah satu komponen yang sangat penting pada kendaraan roda empat. Jika setiran mengalami masalah maka mobil tidak dapat berfungsi secara maksimal. Setir mobil merupakan salah satu masalah yang sering terjadi pada kendaraan. Perasaan gemetar seperti di luar kendali. Tentunya hal ini sangat berbahaya jika dibiarkan karena dapat mempengaruhi keselamatan berkendara.

Biasanya mobil yang jarang selip dan berguling menciptakan kondisi yang menimpa setir mobil. Namun, ternyata dalam kondisi tertentu, taji dan roller tidak bisa mencegah roda kemudi mobil berputar. TAM) Didi Ahadi mengatakan bahwa dalam beberapa kasus akar penyebab masalah roda kemudi tidak dapat dicegah dengan pelacakan dan keseimbangan saja.

“Rutin Spooring dan balancing guna mencegah setir speleng tentu bisa. Namun tergantung keluhannya,” katanya baru-baru ini.

Didi menjelaskan keluhan seperti yang tidak bisa diselesaikan dengan grinding atau goyang, yakni saat permukaan ban tidak rata. Jika ini terjadi, berarti masalah peredamnya lemah. Satu-satunya pilihan adalah mengganti komponen dengan yang baru. Spooring and balance itu sendiri adalah merawat kaki-kaki mobil agar lebih nyaman, padahal kedua perawatan ini diperlukan untuk menjaga performa mobil.

Didi mengatakan jika saat setir speleng dan ban mobil terasa bergetar namun posisi setir lurus, menjadi tanda mobil harus di balancing. Sementara itu, jika arah setir mobil cenderung ke kiri atau ke kanan dengan sendirinya maka harus dilakukan spooring.

“Pertama cek tekanan ban apakah sesuai standar, kedua cek permukaan ban, ketiga cek komponen roda depan dan setir apakah ada bagian yang rusak,” tutup Didi.

Rekomendasi Artikel: Cek Pemilik Kendaraan Melalui Samsat