Home   >   Hindari Pencurian Mobil Dengan Langkah Ini!

Tips

01 Dec 2021

Hindari Pencurian Mobil Dengan Langkah Ini!

Di tengah merebaknya pandemi virus corona di berbagai wilayah di Indonesia, pemberitaan dihebohkan dengan maraknya pencurian kendaraan bermotor. Tidak sedikit pemilik mobil yang belum memiliki garasi. Hal ini memaksa mereka untuk parkir di depan rumah atau bahkan berkendara di tempat parkir umum.

Kondisi ini tentu cukup rawan, apalagi kini pencurian mobil kembali terjadi. Peningkatan asimilasi yang diberikan pemerintah kepada sejumlah tahanan untuk menekan penularan virus corona (Covid19) di tahanan. Tapi jangan khawatir, masih ada beberapa cara untuk melindungi mobil dari tangan-tangan jahil maling meski mobil terpaksa parkir di depan rumah.

Berikut 7 cara membuat mobil kesayangan Anda lebih aman, meski hanya di rumah.

  1. Parkirkan mobil di tempat yang aman

Banyak orang beranggapan, memarkir mobil di rumah jauh lebih aman daripada di tempat umum. Namun banyak kasus-kasus pencuri yang berhasil mengambil mobil dari garasi rumah korban. Pastikan keamanan garasi dengan material pintu garasi yang kokoh dan lengkapi dengan kamera CCTV.

Jika hendak berpergian, pilih tempat yang dekat dengan keramaian. Sebaiknya yang terpantau oleh kamera CCTV. Hindari untuk memilih tempat parkir yang sepi dan gelap karena akan rawan pencurian. Cara ini dapat meminimalisir peluang pencuri mencuri mobil kamu dan berhasil membawa kabur mobil kamu begitu saja.

  1. Pasang alarm dan gunakan kunci tambahan

Alarm merupakan pelindung paling umum yang wajib dimiliki. Meski tak sedikit pencuri yang berhasil mengakali sistem alarm, namun alarm bekerja efektif dalam memperlambat aksi pencurian.

Ketika mobil dibuka paksa, secara otomatis alarm akan mengeluarkan suara nyaring yang dapat membuat pencuri panik. Alarm saja belum tentu cukup, terutama jika menghadapi pencuri zaman sekarang yang sudah profesional.

Untuk menambah keamanan, gunakan kunci tambahan yang biasanya dipasang pada lingkar kemudi ataupun roda kendaraan. Kunci tambahan ini membuat mobil kamu akan tetap pada tempatnya, meskipun pencuri telah berhasil menyalakan mesin mobil.

  1. Tidak meninggalkan barang berharga di mobil

Cara ini bertujuan untuk tidak mengundang perhatian pencuri mengambil atau merusak mobil kamu. Hindari untuk menyimpan banyak barang di dalam mobil. Jika terpaksa cobalah untuk menyembunyikan barang-barang kamu di tempat yang tidak terlihat langsung dari luar kaca mobil.

  1. Lakukan double-check

Sebelum meninggalkan mobil, lakukan pengecekan ulang. Pastikan jendela dan pintu sudah tertutup rapat semua dan alarm sudah dalam kondisi menyala. Meskipun terlihat merepotkan, tetapi dengan cara ini jika dilakukan setiap hendak meninggalkan mobil kamu dapat menurunkan risiko kehilangan kendaraan.

  1. Gunakan GPS

GPS tracker sangat disarankan, karena alat ini berfungsi untuk melacak jejak kendaraan dan memantau posisi mobil kamu secara real time. Jika mobil kamu hilang, akan lebih mudah mengetahui posisi mobil.

  1. Jangan Letakkan kunci mobil berdekatan dengan pintu masuk

Jika berada di rumah, jangan menaruh kunci mobil di dekat pintu masuk. Simpanlah kunci mobil pada tempat yang tak mudah dijangkau oleh pencuri, jika pencuri berhasil diam-diam memasuki rumah kamu.

  1. Asuransikan mobil

Asuransi berfungsi untuk memberikan proteksi lebih pada mobil kesayangan kamu. Aswata ikut menjaga kita di rumah dengan menyediakan perlindungan dicuri total ataupun dicuri sebagian saat mobil sedang di parkir di dalam maupun di luar rumah.

Rekomendasi Artikel: Menjaga Suhu Mobil Saat Parkir Di Luar