Home   >   Jokowi Optimis Indonesia Akan Mengirimkan 180 Ribu Mobil Dari Pelabuhan Patimban

News

09 Mar 2022

Jokowi Optimis Indonesia Akan Mengirimkan 180 Ribu Mobil Dari Pelabuhan Patimban

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengunjungi Pelabuhan Patimban, Kabupaten Subang pada Selasa, 8 Maret 2022 untuk melihat langsung peluncuran ekspor otomotif.

Dalam sambutannya, Jokowi mengaku puas dengan keberadaan Pelabuhan Patimban dan optimistis ekspor kendaraan ke beberapa negara bisa meningkat.

“Kalau dilihat perkembangannya selama tiga bulan ini sepertinya bisa naik menjadi 180.000 mobil yang diekspor ke Filipina, Brunei, Jepang dan juga Vietnam,” kata Jokowi.

Pelabuhan Patimban sudah beroperasi sejak Desember 2021. Dalam tiga bulan, pelabuhan tersebut telah menangani 24 ribu ekspor kendaraan dalam kondisi utuh atau lengkap.

Jokowi mengatakan kegiatan ini akan berlanjut ke negara lainnya.

“Saya kira ini awal, kemudian akan dikembangkan ke negara lain, sehingga 15.000 mobil bisa diekspor dari sini dalam waktu sekitar satu bulan,” ujarnya.

Selain itu, Jokowi juga mengapresiasi banyaknya ekspor kendaraan di Pelabuhan Patimban. Presiden Jokowi berharap keberadaan pelabuhan dapat menciptakan lapangan kerja baru dan mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia.

“Akan sangat bagus yang artinya industri kita akan terus maju meski ada pandemi, meskipun kita tetap ekspor dan kita berharap ini bisa berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi negara kita,” kata Jokowi, dikutip dari laman resmi Presiden RI.

Pada kesempatan lain, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan Indonesia merupakan pasar domestik dengan kapasitas manufaktur yang baik, sehingga dapat menarik investor.

“Seperti kita ketahui, Priok itu kan 7 juta TEUs. Di sini nanti ultimate-nya di tahun 2027 enggak 7 juta TEUs berarti paling tidak bisa 14 juta TEUs, mungkin lebih,” lanjtunya.

Beberapa pejabat juga hadir dalam peninjauan untuk mendampingi Jokowi, antara lain Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Duta Besar Jepang untuk Indonesia Kanasugi Kenji, dan Bupati Subang Ruhimat.

Rekomendasi Artikel: Dua Brimob Diduga Memaksa Cabut Berkas Mobil Razia