Home   >   Kaca Mobil Tidak Berfungsi, Mungkin Ini Penyebabnya

Tips

19 Nov 2021

Kaca Mobil Tidak Berfungsi, Mungkin Ini Penyebabnya

Kaca mobil depan macet dan sulit dibuka, yang terkadang bisa menjadi masalah yang mengganggu. Itu sangat mengganggu saat hujan dan kaca depan macet, tentunya juga hujan di dalam mobil. Apalagi saat mereka membayar tol tentunya mengganggu.

Power window yang risak bisa menjadi salah satu penyebab kaca sulit dibuka. Power window adalah salah satu perangkat elektronik yang digunakan untuk menaikkan kaca depan. Dengan fungsi jendela memudahkan Anda untuk membuka atau menutup kembali kaca depan.

kaca yang tidak bisa dibuka atau macet merupakan salah satu hal yang sangat mengganggu kita, apalagi jika kita akan membayar tol, hal ini tentunya sangat tidak nyaman bagi kita, juga saat musim hujan tiba hal ini akan menyebabkan interior mobil menjadi rusak.

Power window kaca mobil rusak

Penyebab pertama adalah menempel adalah power window yang rusak. Power window adalah bagian dari perangkat elektronik yang memiliki fungsi menaikkan dan menurunkan kaca depan secara otomatis. Kerusakan pada kaca depan biasanya disebabkan oleh power window yang tidak berfungsi dengan baik.

Penyebab utama power window rusak adalah sekring atau sekring korsleting. Sekering atau fuse adalah sebuah alat elektronik yang berfungsi sebagai sekring jika terjadi korsleting listrik yang berakibat fatal, regulator jendela elektrik akan rusak dan berhenti bekerja, ini adalah penyebab utama dari kaca depan.

Korsleting pada power window kaca mobil

Penyebab kedua adalah korsleting pada pengatur jendela yang disebabkan oleh saklar yang putus, selain itu bisa juga karena plastik saklar sudah aus, hal ini juga yang menjadi penyebab pengatur jendela tidak bekerja secara maksimal. membuatnya sulit untuk membuka kaca depan atau menangkapnya. Jika sistem kelistrikan kendaraan rusak, harus berhati-hati saat memeriksa.

Lepasnya dudukan pada regulator kaca mobil

Penyebab kaca mobil macet terakhir yang membuat kaca mobil sulit dibuka atau macet yaitu lepasnya dudukan kaca pada regulator kaca yang mempunyai fungsi sebagai penggerak kaca dengan bantuan dari motor power window untuk menaik turunkan kaca. Masalah atau kerusakan yang sering timbul dibagian ini disebabkan oleh gerigi yang telah aus selain itu penyebab lain dikarenakan dudukan kaca terlepas dari regulator kaca.

Kurangnya perawatan

Banyaknya debu yang menempel di kaca depan Anda saat Anda menaikkan dan menurunkan kaca depan setiap hari adalah tanda bahwa Anda menyadari bahwa debu menumpuk di power window dan akhirnya menyebabkan kaca depan menempel. Debu yang menumpuk dapat menggores kaca film.

Rekomendasi Artikel: Berkendara Aman di Jalan Tol Yang Penuh Kendaraan Besar