Home   >   Kenali Gejala Masalah Suspensi Mobil Anda

Tips

03 Feb 2022

Kenali Gejala Masalah Suspensi Mobil Anda

Selain bodi, sasis, mesin dan transmisi, suspensi mobil juga berperan penting dalam kenyamanan dan keamanan berkendara. Suspensi atau kaki-kaki tentunya dengan keadaan prima menjadi keharusan bagi setiap pengemudi atau pemilik mobil.

Namun, seperti komponen mekanis lainnya, kaki-kaki mobil memiliki masa pakai yang lama dan performanya semakin menurun seiring berjalannya waktu, suspensi yang rusak mempengaruhi kenyamanan dan keselamatan berkendara.

Penting bagi Anda untuk mengetahui suspensi yang memiliki masalah. ini tandanya:

Terdengar Bunyi

Saat berkendara, Anda mendengar suara aneh, patut curiga suspensi mobil mulai bermasalah. Suara-suara aneh yang dimaksud memang beragam, mulai dari mencicit, suara seperti gesekan hingga suara seperti benturan disertai getaran. Temukan bengkel yang Anda percayai segera.

Setir terasa aneh

Aneh yang dimaksud adalah gerakan roda kemudi yang terasa tidak biasa atau tidak normal. Kemudi bisa terasa ditarik ke arah tertentu, putaran terasa berat saat berbelok ke satu arah, bergetar hingga setir tidak pada posisi yang tepat. Dalam hal ini, kemungkinan besar ada masalah dengan kaki, roda, atau sistem kemudi mobil.

Oli Rembes

Cek kolong mobil Kamu dan ada rembesan oli pada pegas atau shockbreaker. Jika iya, maka komponen tersebut perlu mendapatkan penggantian segera. Saat terjadi rembesan, kemungkinan seal pada shockbreaker sudah lemah dan perlu diganti. Jika tetap dipaksakan, maka membuat kinerja shockbreaker menjadi tak maksimal atau bahkan tidak bekerja sama sekali.

Mobil Bising

Gejala ini terjadi apabila komponen seperti per dan shockbreaker sudah mulai menurun kondisinya. Perhatikan jika mobil melintasi polisi tidur atau jalan berlubang, jika redaman mobil terasa berkurang, atau bahkan tidak terasa sama sekali, maka disarankan untuk lakukan pengecekan dan penggantian komponen jika diperlukan.

Mobil miring ke samping

Ini terjadi ketika kinerja pegas menurun. Alasan untuk ini beragam. Misalnya, usia penggunaan atau kebiasaan membawa kelebihan berat badan di satu sisi. Periksa dan ganti segera karena akan mempengaruhi kenyamanan.

Ban Aus

Jika ban terlihat botak atau aus tidak merata, menandakan ada yang tidak beres dengan suspensi atau setelan keselarasan roda atau biasa disebut wheel alignment. Cara paling mudah adalah dengan melakukan spooring dan balancing. Saat melakukan spooring, akan diketahui penyebab masalah terletak pada kaki-kaki atau pada wheel alignment roda.

Rekomendasi Artikel: Mobil Yang Beredar di Korea Utara Ada Merek Yang Terkenal