Home   >   Land Rover Defender Diubah Menjadi Mobil Perang

News

11 Apr 2022

Land Rover Defender Diubah Menjadi Mobil Perang

Indonesia OffRoad Federation (IOF) merupakan salah satu kotamadya yang membuka booth di Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2022. Booth yang berada di area luar diisi dengan berbagai kendaraan, mulai dari rescue, jeep classic, jip balap, hingga mobil hasil modifikasi. Dua kendaraan modifikasi menarik perhatian redaksi saat berkunjung ke booth IOF, yakni dua karya AMP Garage.

AMP Garage sendiri merupakan bengkel modifikasi milik TNI Lt. Jenderal AM Putranto Untuk IIMS 2022, dua mobil yang didatangkan adalah The Conqueror berbasis Jeep dan satu lagi Monster MRCV berbasis Land Rover Defender.

Tunggul Birawa, Humas PPIOF, mengatakan dua kendaraan produksi AMP Garage menggunakan spesifikasi militer, salah satunya diuji di lapangan.

“Ini sudah proven untuk dipakai latihan tempur, ada stand-nya di atas untuk penembak,” ucapnya.

Jika ditelaah satu per satu, model MRCV berbasis Land Rover merupakan singkatan dari Multi Role Combat Vehicle, sehingga bisa dikatakan mobil ini multifungsi saat digunakan untuk pertempuran.

Sedangkan untuk modelnya, bentuk Defender secara umum masih terlihat. Namun, bar pelindung telah ditambahkan di bagian depan, yang menghubungkan ke roll cage eksternal dari depan ke belakang. Selain itu juga terdapat side bracket untuk ban serep di kanan kiri, ban yang digunakan juga berukuran besar dan berukuran 35 inci dengan Wolf Rim.

Soal dapur pacu, MRCV menggunakan mesin Defender Tdi ditambah turbo dari Garret. Sedangkan suspensi, menggunakan Terra firma yang mode heavy duty. Tidak lupa di bagian depan dan belakang dipasang winch sebagai alat recovery saat mobil tersangkut. Jadi mobil ini tidak perlu khawatir melibas berbagai macam rintangan off-road.

Rekomendasi Artikel: Toyota Dorong Mesin Hidrogen Murni Sebagai Alternatif EV