Home   >   Memarkir Mobil Jangan Asal-asalan. Ini Caranya!

Tips

06 Jul 2021

Memarkir Mobil Jangan Asal-asalan. Ini Caranya!

Bagi orang yang masih awam dalam berkendara, memarkir mobil bisa menjadi hal yang menakutkan. Apalagi jika harus parkir di tempat yang sempit dan sempit seperti mall atau tempat parkir kantor. ketakutan itu masih ada. Bahkan, tak jarang ketakutan inilah yang membuat mereka ragu untuk menyetir saat berkemudi ke tengah keramaian.

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan saat ingin parkir mobil, seperti: menabrak tiang pembatas, parkir diluar garis atau lebih parah lagi ketika Anda menyerempet mobil orang lain yang di tempat parkir. Jadi kita perlu lebih waspada dan berhati-hati saat memarkir mobil kita.

Nah berikut ini adalah cara parkir mobil yang baik dan benar agar tidak merusak kondisi mobil atau benda yang ada di tempat parkir.

Cara Memarkir Mobil dengan Benar

Langkah pertama dalam memarkir mobil dengan benar adalah memperkirakan jarak tempat parkir. Setelah Anda selesai melakukannya, mundur perlahan, pastikan untuk menyisakan ruang yang cukup di antara bagian belakang atau samping mobil sehingga Anda dapat dengan mudah keluar dari mobil. Dan Anda perlu tahu kapan harus menggunakan gigi 1 atau gigi mundur dan tentu saja kapan harus mengerem.

Amati juga keadaan sekitar melalui kaca spion dan bahu untuk mengetahui situasi di belakang mobil. Jangan terlalu mengandalkan sensor parkir, karena sensor sering kali tidak tepat. Hindari berhenti mendadak saat mencari tempat parkir.

Berkendaralah dengan hati-hati untuk menemukan tempat parkir yang aman dan memadai agar mobil tidak menabrak mobil lain.

Biar Anda tidak salah, berikut berikut cara parkir mobil yang sesuai dengan jenis parkir yang ditemukan.

This Is How to Park a Car Between Two Other Vehicles

Cara Memarkir Mobil dengan Tegak Lurus

Memarkir mobil dengan benar adalah dengan menyamakan posisi kaca spion mobil Anda dengan posisi mobil di samping. Pastikan juga bumper depan kendaraan berada di dekat pembatas parkir depan. Periksalah untuk memastikan agar sisi samping mobil Anda tidak tepat berada di atas garis pembatas tempat parkir.

Angle Parking How-To: Tips, Dimensions and Diagrams (w/ Pictures)

Cara Memarkir Mobil Miring

Parkir pada sudut seperti itu adalah cara mudah untuk memarkir mobil, bahkan untuk pemula. Tak heran jika banyak pengusaha parkir di jenis parkir ini. Selain itu, ada banyak ruang untuk memudahkan mobil masuk. Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah menyelaraskan arah perjalanan mobil dengan tempat parkir. Kemudian perlahan-lahan pindahkan gigi R kembali dalam garis lurus ke posisi 45 derajat.

5 Important Driving Skills Everyone Should Learn!

Cara Memarkir Paralel

Adalah salah satu cara tersulit untuk memarkir mobil, tetapi jika Anda terus berlatih, Anda akan dapat melakukannya sendiri. Hal pertama yang harus diperhatikan adalah tempat parkir. Hati-hati dengan sudut belakang mobil yang di parkiran agar tidak kesenggol.

Kemudian masuk ke gigi mundur (R). Mundur perlahan lalu putar setir ke arah yang diinginkan, usahakan mobil kita sejajar dengan depan dan belakang saat memarkir mobil.

Pernahkah Anda parkir di jalan menanjak dan pernah khawatir tentang mobil? Apakah mobil akan meluncur ke bawah? Sebenarnya ada teknik atau cara untuk memarkir mobil di tanjakan dan turunan yang, yaitu dengan membelokkan ban agar tidak meluncur kebawah.

Cara memarkir mobil dengan benar: Perhatikan posisi ban.

Masih banyak yang beranggapan bahwa cara memarkir mobil yang benar adalah dengan ban lurus, padahal ini salah besar. Ban harus dalam posisi tertentu. Untuk keamanan mobil, ternyata ban harus berputar tergantung kondisi jalan misalnya parkir di lereng / parkir di jalan yang menurun.

Cara memarkir mobil yang memerlukan teknik tertentu untuk menghindari kecelakaan, antara lain:

1. Memposisikan ban dengan benar (belok kanan/kiri/lurus ke depan)

2. Masukkan gigi yang benar (jika jalan menurun masukkan gigi ke gigi mundur), saat jalan menanjak pasang gigi 1, pada kendaraan matic pindahkan tuas perpindahan gigi ke P.

3. Aktifkan hand rem (rem tangan sebutan yang tepat adalah rem parkir)

Ganjal jika perlu Parkir di jalan datar, posisikan ban lurus

4. Jika parkir di jalan yang rata lebih baik jika ban depan diluruskan, hal ini bertujuan untuk memberikan ruang yang luas di jalan dengan menutup kaca spion. Posisi ban yang lurus juga memperpanjang masa pakai power steering dibandingkan dengan memutar ban saat parkir.

Cara memarkir mobil di tempat yang miring.

Jika kita melewati tanjakan dan memarkir mobil di pinggir jalan, parkirlah mobil dengan baik dengan cara memposisikan ban ke kanan, hal ini berlaku jika pada pinggir jalan terdapat trotoar atau halangan semacam gundukan tanah. Tujuan membelokkan ke sisi kanan adalah agar ban depan mengganjal trotoar sehingga mobil terganjal trotoar tersebut jika mobil turun.

Berbeda jika tidak ada apa-apa di pinggir jalan atau hanya rerumputan, lalu belokkan ban ke kiri agar mobil tidak langsung menabrak mobil lain jika tiba-tiba tergelincir. Namun, mobil hanya akan berbelok ke kiri. Ini sangat aman karena mobil hanya berbelok ke kiri dan mencari keseimbangannya sendiri (tidak ke kiri), tetapi berhenti tepat 90 derajat setelah berbelok

Cara memarkir mobil di jalan menurun.

Di jalan menurun ini sebaiknya juga memutar ban ke kiri, terlepas dari apakah jalan tersebut memiliki trotoar (penghalang) atau tidak ada trotoar. Memutar ban ke kiri mencegah mobil meluncur di jalan dan menabrak apa pun.

Rekomendasi Artikel: Knalpot Mobil Jangan Sembarang Modifikasi