Home   >   Mobil Terbakar Jadi Trend. Jangan Sampai Sobat Juga.

Tips

30 Jul 2021

Mobil Terbakar Jadi Trend. Jangan Sampai Sobat Juga.

Kendaraan roda empat yang terbakar, Ford Mustang Shelby GT500, terbakar di Pondok Pinang, Jakarta Selatan, Senin (26/7/2021)  masuk dalam daftar mobil yang terbakar saat digunakan. Diduga mengalami korsleting listrik yang menyebabkan kebakaran.

Selain Mustang, sebuah Suzuki XL7 ternyata juga terbakar di dekat pintu tol Kuningan di hari yang sama. Belum diketahui penyebab pasti kebakaran yang menimpa.

Ada banyak alasan mengapa mobil mengalami masalah yang akan menyebabkan terbakar, jadi penting bagi Sobat untuk memiliki pemahaman yang baik tentang semua masalah yang muncul.

Menurut Daihatsu, Rabu (28/7/2021), ada lima hal yang bisa menyebabkan mobil terbakar. Berikut penyebabnya:

Mesin mobil terlalu panas.

Mesin kendaraan yang terlalu panas bisa disebabkan oleh banyak hal, salah satunya melalui penggunaan jangka panjang. Mesin yang panas ini bisa menyebabkan suhu oli naik dan menimbulkan kebocoran yang memicu kebakaran. Jadi penting untuk melakukan tindakan pencegahan dengan memeriksa dashboard kendaraan. Saat cuaca panas, Sobat bisa meninggalkan mobil untuk beristirahat sejenak sampai suhu kembali normal.

Kebocoran bahan bakar atau oli.

Bahan bakar dan oli adalah beberapa struktur di dalam mobil yang bisa bocor. Bagian dari tangki penyimpanan minyak dan bahan bakar sedikit memanas saat mengemudi. Cairan lain seperti solar, power steering, cairan pendingin mobil, dan transmisi juga bisa menjadi salah satu faktor penyebab terbakar. Untuk menghindari kebocoran bahan bakar atau oli, maka perlu dilakukan pengecekan dan perawatan sirkuit bahan bakar dan oli secara berkala dan teratur.

Kerusakan aliran listrik.

Kendaraan roda empat memiliki arus listrik yang mudah rusak. Salah satu penyebabnya adalah kondisi oli yang bermasalah. Saat kondisi oli bermasalah, gas hidrogen akan menumpuk di bagian terdalam mesin. Gas ini akan membakar kendaraan. Untuk menghindari hal tersebut, sebaiknya Sobat selalu melakukan perawatan pada kendaraan, terutama pada sisi kelistrikan.

Cacat Kendaraan.

Konstruksi kendaraan yang salah juga dapat menyebabkan mobil terbakar. Ini terjadi ketika ada kelalaian dalam pembuatan yang membuatnya berbahaya. Namun, kendaraan rusak tidak selalu menjadi penyebab terbakar nya.

Rekomendasi Artikel: Minyak Rem Tidak Pernah Diganti. Ini Akibatnya.