Home   >   Mobil Terkunci Dari Dalam? Ini solusinya.

Tips

04 Oct 2021

Mobil Terkunci Dari Dalam? Ini solusinya.

Meninggalkan kunci mobil di dalam mobil seringkali menjadi masalah umum bagi semua pengendara. Situasi ini umumnya tidak disengaja dan akan sangat tidak nyaman. Suka tidak suka, sebagai pengemudi, Anda harus mendobrak pintu mobil yang terkunci sendiri atau mencari cara untuk membuka pintu mobil.

Keadaan mobil yang terkunci dengan kunci tertinggal di dalamnya juga memaksa Anda untuk berpikir. Anda sebenarnya bisa memecahkan kaca mobil, namun tentu saja tidak disarankan karena akan mengakibatkan kerugian yang cukup besar. Mengapa mengganti kaca mobil bisa lebih mahal daripada hanya memperbaiki mobil yang penyok?

Simak artikel berikut ini.

Cara Membuka Pintu Mobil yang Terkunci dari Dalam

Menggunakan Inflatable Wedge

Pernahkah Anda mendengar alat yang disebut inflatable wedge? Alat ini mudah ditemukan di berbagai toko online. Dengan harga yang tidak terlalu mahal, alat ini sangat berguna karena dapat menciptakan ruang antara pintu yang terhalang dari dalam dan rangka mobil.

Pengoperasiannya cukup sederhana, alat ini menekan bagian cekung dari bukaan tombol atau tuas. Anda tahu, Anda dapat membuka pintu mobil dalam waktu kurang dari 1 menit! Sangat praktis bukan?

Menggunakan tali sepatu atau rafia

Anda juga bisa menggunakan tali sepatu atau rafia untuk membuka pintu mobil yang terkunci dari dalam. Cukup bentuk tali sepatu menjadi satu lingkaran. Kemudian masukkan tali ke dalam mobil melalui bagian atas kaca depan.

Turunkan tali hingga sejajar dan mencapai tuas pengunci pintu. Coba pegang tuas dan tarik tali saat diikat. Pintu mobil kemudian dapat dibuka dengan mudah.

Menggunakan batang besi

Cara ketiga ini dapat digunakan untuk jenis kendaraan yang menggunakan pintu dengan sistem penguncian otomatis (listrik). Sebenarnya cara ini tidak jauh berbeda dengan cara sebelumnya, Anda tinggal menancapkan batang besi melalui celah kaca di bagian atas pintu mobil, arahkan besi pada saklar kunci hingga Anda dapat menekan tombol untuk membuka pintu mobil. Biasanya cara ini juga banyak dilakukan oleh tukang kunci.

Menggunakan Kawat Gantungan Baju.

Letakkan gantungan melalui bukaan atas jendela. Mirip dengan tali, gantungan baju yang ditarik harus diputar agar tuas kunci pintu dapat digenggam dan ditarik sehingga dapat ditarik. Setelah itu, pintu mobil akan terbuka dengan aman.

Menggunakan Bola Tenis

Cara ini cukup unik, Anda hanya perlu mengebor lubang kecil pada bola tenis dengan kawat yang dipanaskan. Kemudian sejajarkan lubang di lubang kunci mobil. Ketika Anda mendorongnya ke bawah dengan sekuat tenaga, udara di dalam bola tenis pada akhirnya akan mendorong dengan kuat ke dalam lubang di pintu sampai pintu dapat dibuka.

Dengan penggaris besi

Anda juga bisa menggunakan penggaris besi untuk membuka pintu mobil yang terkunci dari dalam. Caranya tinggal geser saja melalui karet pelindung di kaca depan. Perhatikan bagian panel kuncinya, jika sudah terlihat bergerak maka tekan penggaris agar dapat membuka pintu mobil.

Mencongkel pintu tengah

Beberapa jenis kendaraan memiliki bagian karet pada pintu tengah. Bagian ini dapat digunakan untuk membuka pintu yang terkunci dari dalam. Yang harus Anda lakukan adalah membuka pintu karet di kanan belakang. Temukan kait besi. Bila sudah menemukannya, Anda bisa memulainya dengan penggaris atau obeng kecil hingga pintu bisa terbuka dengan normal.

Menggunakan obeng

Ini harus dilakukan dengan hati-hati karena dapat merusak interior dan eksterior kendaraan. Anda harus membuat sedikit ruang dengan menggunakan obeng untuk tempat menyelipkan alat pencungkil. Lalu dorong alat pencungkil tersebut hingga mampu menarik kunci dari dalam mobil.

Hubungi Ahli Kunci

Cara terakhir yang dapat Anda lakukan jika belum juga berhasil membuka pintu mobil yang terkunci dari dalam adalah dengan menghubungi ahli kunci. Biasanya Anda akan dibuatkan kunci duplikat yang baru untuk membuka pintu mobil.

Rekomendasi Artikel: Teknik Rem Darurat Untuk Mencegah Tabrakan