Home   >   Penyebab Mobil Tidak Bisa Distarter dan Berbunyi

Tips

13 Oct 2021

Penyebab Mobil Tidak Bisa Distarter dan Berbunyi

Mobil yang tidak bisa distarter bisa membuat kita panik, terutama dalam situasi tertentu. Apalagi jika mobil tiba-tiba berbunyi saat dikendarai, mogok sesaat lalu mogok. Jadi, jika Anda mendapati mobil Anda tidak dapat dihidupkan, ada baiknya Anda memeriksa beberapa hal terlebih dahulu. Komponen mesin. Sebagai pengemudi, kita perlu memahami berbagai komponen mesin agar dapat memahami cara merawat mobil dengan baik dan benar.

Penyesuaian atau tuning up mobil secara rutin itu wajib, jika kamu memang kurang paham dengan mekanika mobil, sama halnya dengan mobil yang tiba-tiba mati saat distarter.

Ini Penyebab Mobil Tidak Bisa Distarter Serta Mengeluarkan Bunyi

Busi Kotor

Busi kotor dan aus adalah dua faktor yang sering membuat mobil tidak bisa distarter. Mengapa? Semua mobil akan distarter, mesin selalu bergantung pada bunga api dari busi itu sendiri. . Jadi jika busi kotor, coba bersihkan dengan sedikit bensin lalu gosok dengan sikat hingga kerak atau debunya terlepas. Kemudian semprotkan setrika dengan kompresor dan keringkan. Kemudian coba busi lagi.

Alternator Rusak

Tugas utama dari alternator mobil itu sendiri adalah menghidupkan arus listrik pada mesin mobil. Oleh karena itu, jika komponen ini rusak, mobil dipastikan tidak akan bisa distarter. Jika Anda sudah memeriksa baterai berulang kali dan masih menemukan kendaraan tidak mau hidup, kemungkinan besar alternator kendaraan rusak. Jika demikian, ada baiknya perbaikan dilakukan di bengkel. Biasanya, kerusakan alternator terjadi pada kendaraan yang berusia lebih dari 6 sampai10 tahun.

Pompa Bahan Bakar

Ini sering disebut sebagai aliran bahan bakar tidak lengkap. Ini bisa terjadi jika mobil terlalu panas, menghalangi aliran bahan bakar dari tangki ke mesin. Bahan bakar bensin yang bercampur dengan udara membuat pemompaan menjadi sulit karena dingin.

Endapan menyumbat di pompa bahan bakar, kotoran juga bisa menjadi penyebabnya. Hal ini biasanya terjadi pada mobil yang jarang digunakan, sehingga tekanan bahan bakar tidak bisa bertahan di saluran bahan bakar, sehingga sulit untuk dipompa. Karena itu, saat menghidupkan mesin, harus menunggu lama sebelum dihidupkan. Untuk melakukan ini, coba tiriskan dan isi ulang bensin sampai penuh. Mengapa? Beberapa mobil yang jarang digunakan mungkin kehabisan bensin setelah 6 bulan waktu idle.

Solusi lain yang mungkin adalah memeriksa karburator secara teratur dan menyemprotnya dengan pembersih karburator. Mengapa? Karena pembersih karburator mengandung bensin. Jika Anda merasa bingung, pilihan terbaik Anda adalah membawa mobil ke bengkel.

Masalah Coil

Jika fungsi busi adalah untuk mengalirkan arus ke mesin, maka coil juga melakukan hal yang sama, yaitu untuk menghidupkan auto starter dengan menggandakan tegangan aki. Sehingga listrik dapat mencapai busi dan menghasilkan percikan api.

Kumparan yang terlalu panas harus diganti dengan yang baru. Mengapa? Tentu saja, koil yang rusak tidak dapat menyebabkan busi menyala secara optimal. Jadi solusinya adalah dengan menggantinya dengan coil baru.

Aki Mobil Soal

Anda dapat memeriksa masa pakai aki dengan melihat indikatornya. Saat indikator berubah menjadi merah, baterai kosong saat warna putih perlu diisi dan warna biru menunjukkan bahwa baterai masih dalam kondisi baik. Masalah aki mobil dapat diselesaikan dengan menjumper mobil.

Untuk mencegah aki soak, sebaiknya lakukan pemanasan mobil secara rutin dan bersihkan aki secara rutin. Perhatian khusus harus diberikan pada pemeliharaan aki basah.

Masalah Kompresi Silinder dan Choke

Jika Anda sering mendapati bahwa mesin terlalu panas dan oli mesin agak kental, kemungkinan ring piston bisa menjadi salah satu penyebab masalah kompresi silinder karena terus bergesekan dan kembung. Katup mesin yang bocor dapat disebabkan oleh penumpukan karbon yang menyebabkan kompresi bocor.

Solusi yang bisa dilakukan adalah memaksakan diri untuk mengganti oli secara rutin, minimal setiap 5.000 km, 10.000 km. Tekanan kompresi cocok untuk kendaraan Anda. Jadi jika ada masalah dengan mobil yang tidak mau menyala karena kompresi, jangan ragu untuk membawanya ke bengkel.

Injektor Kotor

Jika Anda mengasosiasikan suara mobil klotok dengan asap knalpot, baunya sangat kuat dan meresap, ini bisa menjadi penyebab injektor mobil kotor. Tanda lain yang harus diwaspadai ketika injektor kotor biasanya menjadi lebih boros bahan bakar.

Apakah ini yang Anda alami saat mendapati mesin mobil Anda tidak bisa dihidupkan? Jika akhir-akhir ini Anda merasakannya, coba bersihkan kembali injeksi mesin mobil Anda yang kotor dengan membawanya ke bengkel setempat.

Rekomendasi Artikel: Ini Fungsi Karpet Kabin Mobil Sebenarnya