Home   >   PPKM diperpanjang. Ayo Bersihkan Mesin Mobil Di Rumah

Tips

22 Jul 2021

PPKM diperpanjang. Ayo Bersihkan Mesin Mobil Di Rumah

Hai, Sobat Mobilagi. Bagaimana kabar kalian selama PPKM ini?

Mesin mobil merupakan bagian terpenting dari sebuah mobil karena mesin mobil merupakan pusat tenaga yang membuat mobil berjalan. Oleh karena itu, sebagai pemilik mobil, Anda harus bisa menjaga dan merawat kondisi mobil agar tetap dalam kondisi yang baik. Namun PPKM pun diperpanjang oleh pemerintah dan kita tidak bisa kemana-mana.

Selain itu, perawatan mesin mobil tidak boleh diabaikan, karena mesin mobil akan berkarat dan akhirnya menyebabkan kerusakan mesin yang dapat menimbulkan percikan api sehingga mobil mudah terbakar.

Merawat mesin mobil memang tidak mudah karena tidak semua orang mengerti mesin mobil. Anda juga harus rela mengeluarkan biaya yang juga bisa mencapai ratusan ribu rupiah.

Untuk berhemat dan menjalankan PPKM tapi tetap ingin menjaga kondisi mobil tetap baik, berikut cara membersihkan mesin mobil yang benar.

Siapkan cairan khusus untuk membersihkan mesin mobil

Langkah pertama yang harus disiapkan pemilik mobil adalah pembersih khusus untuk mesin mobil. Ini tentang menjaga kebersihan dan daya tahan mesin di dalam mobil. Cairan pembersih ini tersedia di toko khusus peralatan dan perlengkapan mobil.

Jangan asal menggunakan cairan pembersih karena dikhawatirkan terjadi hubungan arus pendek dan merusak mesin mobil. Lebih baik bertanya kepada penjual atau mekanik yang benar-benar tahu tentang kebersihan mesin mobil. Berikut beberapa perlengkapan pembersih otomotif yang mudah ditemukan yang bisa Anda gunakan:

1. Conditioner Mesin

Cairan pembersih untuk ruang bakar mesin. Cairan ini memiliki tekstur busa yang halus dan merupakan pelarut. Satu-satunya cara menggunakannya adalah dengan menyemprotkan busa halus melalui lubang busi yang masuk ke ruang bakar mesin. Namun sebelum melakukan ini, jangan lupa untuk melepas busi terlebih dahulu.

2. Degreaser Mesin

Degreaser mesin adalah cairan yang digunakan untuk menghilangkan kotoran dari luar mesin dengan cara mengikat dan mengendurkan kotoran pada bagian luar mesin mobil. Ini cukup mudah digunakan juga. Pastikan mesin mobil masih hangat, lalu semprotkan cairan pada bagian yang kotor.

3. Pembilasan mesin.

Cairan pembilas mesin memiliki fungsi yang hampir sama dengan bahan pembersih, yaitu membersihkan bagian-bagian mesin mobil yang berada di dalam ruang oli. Anda dapat menggunakan cairan ini dengan memasukkannya ke dalam lubang minyak. Setelah Anda mengisi cairan, nyalakan mesin mobil hingga 15 menit dan buang cairan pembersih dengan cara yang sama seperti saat menguras oli.

Tutup komponen penting dan sistem elektrikal.

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah menutup semua komponen utama dan kelistrikan dengan plastik atau aluminium foil. Misalnya lubang saluran masuk udara, konektor listrik, sensor, kumparan dan lain-lain. Perhatian khusus juga harus diberikan pada lubang isap. Masuknya air di area ini memiliki efek water hammer.

Bersihkan bagian yang mudah.

Untuk membersihkan bagian yang lebih mudah, Anda dapat menggunakan sabun khusus atau bahkan sabun cuci piring. Cara ini umumnya digunakan untuk membersihkan mobil sendiri tanpa harus ke tempat cuci mobil atau bengkel. Lakukan dengan benar dengan spons atau sikat gigi untuk tempat yang sulit dijangkau.

Membersihkan kompartemen mesin mobil.

Kemudian Anda bisa mulai membersihkan celah di mesin mobil. Anda dapat melakukannya dengan menyemprotkan selang air ke kompartemen mesin. keluar dari selang. Pastikan Anda membersihkannya dengan benar dan tidak ada kotoran yang tertinggal di kompartemen mesin mobil, cara ini bisa dilakukan sendiri di rumah tanpa ke tempat cuci mobil dengan biaya yang sangat mahal.

Gunakan spons dan sikat gigi.

Spons atau sikat gigi adalah alat pembersih yang sering digunakan untuk membersihkan bagian-bagian mobil yang sulit dijangkau. Anda bisa menggunakan kedua alat tersebut secara bersamaan. Spons digunakan untuk mesin yang kotor, dan sikat gigi ini dapat digunakan untuk kotoran yang membandel. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan kain yang tidak terpakai.

Bersihkan hingga semua komponen kering.

Pastikan kembali semua bagian sudah dibersihkan, lalu bilas motor dengan air bersih dan keringkan sampai benar-benar kering dengan kanebo terutama pada bagian kelistrikannya, agar tidak terjadi korsleting. Sobat juga bisa menggunakan semprotan khusus untuk membuat mobil lebih mengkilap.

Ada banyak manfaat membersihkan mobil Anda sendiri, termasuk mempelajari lebih lanjut tentang mesin, belajar pemeriksaan kesehatan mesin secara teratur, dan yang paling penting, menghemat uang Anda dan menjalankan PPKM daripada pergi ke bengkel atau cuci mobil.

Rekomendasi Artikel: Hal yang Harus Dihindari Agar Cat Mobil Awet