Home   >   Sayap Mobil Bukan Hanya Untuk Bergaya Saja

Community

14 Jan 2022

Sayap Mobil Bukan Hanya Untuk Bergaya Saja

Saat ini pilihan modifikasi kendaraan mudah diakses oleh pemilik kendaraan multi sirkuit dengan kisaran harga yang agak berbeda, pilihan modifikasi sayap mobil saat ini juga mudah ditemukan, namun penggunaan sayap tetap perlu disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan mobil-mobil.

Sayap belakang pada mobil biasa digunakan pada mobil balap dan supercar. Sayap dapat berkontribusi pada pengendalian kendaraan yang baik, terutama pada kendaraan yang beroperasi pada kecepatan di atas rata-rata dan tenaga tinggi.

Oleh karena itu, Sayap atau wings biasanya digunakan pada mobil yang melaju di sirkuit dan bukan di jalan raya. Wings menciptakan tekanan di dalam mobil untuk meningkatkan traksi. Namun, memasang spoiler pada mobil bukan hanya tentang gaya. Jika tidak sesuai dengan kebutuhan Anda, wings dapat mempengaruhi performa mobil.

Founder Karma BodyKit, Kiki Anugraha, menjelaskan, wings pada mobil umumnya untuk memenuhi kebutuhan aerodinamika atau menentukan arah angin agar tidak menghambat laju mobil.

“Arah angin juga sangat diperhitungkan untuk aerodynamic. Angin tersebut bisa diarahkan ke sektor-sektor yang kegunaan untuk mendinginkan,” ujar Kiki saat dihubungi Kompas.com, Rabu (12/1/2022).

Dengan keberadaan wings, Kiki menjelaskan bahwa angin dapat diarahkan untuk mendinginkan komponen-komponen pada mobil yang cepat panas, seperti rem dan intercooler. Selain mendinginkan mesin, sayap juga bisa mempercantik tampilan mobil.

“Untuk modifikasi body kit, sayap utamanya untuk aerodinamis dan juga akan mengikuti estetika agar terlihat lebih bagus secara visual,” ujarnya.

Meski begitu, wings berbeda dari spoiler karena tidak hanya untuk gaya, spoiler dapat memberikan stabilitas dan mempercepat performa mobil, terutama saat mobil melaju dengan kecepatan tinggi.

Rekomendasi Artikel: Ketahui Penyebab Ban Sering Bocor Halus