Home   >   Setir Mobil Anda Sering Bergetar? Ini Penyebabnya

Tips

27 Aug 2021

Setir Mobil Anda Sering Bergetar? Ini Penyebabnya

Kontrol yang nyaman dapat ditunjukkan dengan respons setir terhadap pergerakan mobil saat berkendara di jalan raya. Namun pernahkah Anda merasakan setir mobil Anda bergetar saat Anda melaju dengan kecepatan tertentu? Mungkin ini salah satu alasannya.

Setir Bergetar Karena Ban Mobil Bocor atau Kurang Angin

Hal yang paling dasar saat setir bergetar adalah ban mengalami tekanan atau bocor. Ban mobil dengan tekanan yang terlalu kecil dapat menyebabkan mesin menghasilkan tenaga yang lebih besar dan merasakan getaran.

Hentikan kendaraan untuk memeriksa ban dari kebocoran atau tekanan rendah. Saat menggunakan ban Bridgestone, dibuat beberapa seri ban yang menggunakan teknologi RFT atau Run Flat Tire. Dengan teknologi ini, Anda dapat menghentikan kendaraan Anda dengan nyaman dan aman.

Penyetelan keselarasan ban yang salah

Keselarasan ban adalah kombinasi sudut roda, yang jumlahnya harus memenuhi persyaratan tertentu agar kendaraan berjalan lebih stabil, mudah untuk mengontrol dan menyala saat Anda memutarnya, pengemudi merasa lebih nyaman mengendarai kendaraan, dan kurangi keausan ban.

Sudut kamera, sudut ujung kemudi. Derajat keselarasan disesuaikan dengan jenis kendaraan dan kenyamanan setiap pengguna. Untuk koordinasi yang optimal, Anda disarankan untuk segera menghubungi bengkel resmi atau bengkel penjaminan emisi Anda.

Tidak Menyeimbangkan Ban dengan Baik.

Wheel balancing atau penyeimbangan ban adalah salah satu cara untuk memastikan ban berputar dengan nyaman pada porosnya. Keadaan stabil dicapai karena gaya-gaya yang terjadi dikompensasikan ke seluruh permukaan ban. Untuk mengukur kompensasi gaya ini, digunakan skala pelat timah, yang beratnya bervariasi tergantung pada persyaratan keseimbangan yang diinginkan. Untuk mengatasi masalah ini, Anda dapat menggunakan Static Balancing atau Dynamic Balancing.

Jika Anda tidak berpengalaman dengan balancing, disarankan untuk menghubungi bengkel terdekat atau teknisi profesional.

Hal-hal di atas adalah sebagian kecil penyebab lingkar kemudi mobil Anda banyak bergetar saat Anda berkendara. Tidak diakui bahwa ini adalah penyebabnya, mungkin sudah waktunya untuk melakukan tune-up bulanan.

Rekomendasi Artikel: Jangan Panik Mogok Mobil di Jalan Tol – Lakukan 5 Hal Ini Sekarang Juga!